Results for: (bahasa Search Results
Family Filter:
8:12
The Winner of Best Reality Programme, Asian Television Awards (2004) - "Dunia Lain - Lawang Sewu", Produced by PT Televisi Transformasi - Indonesia It's really true ... but, sorry, all dialog in Bahasa Indonesia.
25 Feb 2010
43949
Share Video

7:00
Koleksi Hagemaru Dalam Bahasa Bertajuk ' Hagemaru Di Atas Langit'
6 Mar 2011
32236
Share Video

3:40
seorang budak lelaki ini keluarganya memang kristian dan tidak tahu bahasa arab, pada umur 4 tahun dia dapat dapat satu perkataan dari mimpi.. seorang lelaki yang pakai baju warna putih dan berdiri di bawah pokok. dan diajarkan kepadanya segala galanya tentang islam yang sebenar yang diajar oleh rasulullah s.a.w... budak kecil ini telah menerangkan kepada semua org siapa itu Allah dan tidak boleh meyekutukan Allah. dan dia juga te;ah berceramah kepada semua manusia akan maksud islam yang sebenarnya. dan selepas kejadian itu keluarganya dan semua orang yang melihat kejadian itu telah terbuka hatinya untuk memasukki agama islam dan telah percaya bahawa islam adalah agama yang hebat. satu lagi kebesaran Allah... dan telah ditunjukkan kepada sesiapa sahaja yang Allah kehendaki.... dan telah menunjukkan sifat sifat Allah bahawa tiada yang mustahil bagi Allah. This kids both parents were christian and his native language is not arabic, he is only 4. He claims the words he is saying were tought to him in his dreams by a man dressed in white under a tree shade. When he is not preaching if u talk to him in arabic he doesn't respond...by the way his parents and hundreds converted seeing him... Elhamdulilah. A blessed child showing men among men who Allah is. Allah bless him. We all wish we were like him. Muslims come in peace. May Allah take us all to Jannat. Ameen.
19 Jun 2008
29078
Share Video

4:30
Musik ini, lyriknya seperti "ayam, ayam, ayam, ayam" Jadi saya buat video dengan ayam ayam lucu!
19 May 2008
16731
Share Video

0:21
Yah... pakai bahasa indonesia aja yah deskripsinya ^^ . kalo mau pakai bahasa inggris jadinya "Rubik's Cube Magic" cuman pengen iseng doang kok, saya buat ini tuh cuman buat seneng2 silahkan di lihat2 Tambahan : Ini boongan, cuman buat seneng2
14 Apr 2009
11281
Share Video

7:25
Segitiga Bermuda - Misteri Segitiga Bermuda - Segitiga Bermuda (bahasa Inggris: Bermuda Triangle), kadang-kadang disebut juga Segitiga Setan adalah sebuah wilayah lautan di Samudra Atlantik seluas 1,5 juta mil2 atau 4 juta km2 yang membentuk garis segitiga antara Bermuda wilayah teritorial Britania Raya sebagai titik di sebelah utara, Puerto Riko, teritorial Amerika Serikat sebagai titik di sebelah selatan dan Miami, negara bagian Florida, Amerika Serikat sebagai titik di sebelah barat. Kita pasti sudah sering mendengar keanehan - keanehan yang terjadi di Segitiga Bermuda, kapal laut maupun udara yang hilang secara misterius. Ada yang mengatakan, Segitiga Bermuda rumahnya Alien dan UFO, pusat magnet terbesar di jagat raya atau juga di anggap pusat Bumi atau Black Hole yang mampu menyedot apapun yang melintasinya. Kemudian apa pendapat Islam tentang Segitiga Bermuda? Ada sejumlah misteri yang menyelimuti wilayah yang dicap angker tersebut. Lima diantaranya yakni: 1.Lorong Waktu: menurut sejumlah peneliti, terdapat sebuah gangguan atmosfir di udara yang berupa lubang di langit yang buat pesawat terbang terjebak tak bisa keluar. 2.Blue Hole: di dasar Segitiga Bermuda ada semacam gua atau lubang yang menganga sejak jaman es. Gua tersebut tertutup derasnya air laut dan miliki pusaran kuat berdaya hisap. 3.Gas Metana: di wilayah Segitiga Bermuda mengeluarkan gas metana yang mampu membuat lenyapnya kapal dan pesawat terbang yang melintas di atasnya. 4.Badai Angin: membentuk pusaran angin yang bisa hancurkan benda apa saja di dekatnya dan menghempaskannya ke dasar lautan. 5.Lidah Lautan: kawasan Segitiga Bermuda disebut juga Tongue of the Ocean atau Lidah Lautan yang miliki jurang bawah laut (canyon). Mampu buat kapal yang melintas jatuh dalam lembah curam menukik tajam. 6.Pangkalan U.F.O.Pemerintah dan Akademis Independen A.S. mengatakan Segitiga Bermuda disebabkan karena tempat tersebut merupakan Pangkalan UFO sekelompok mahkluk luar angkasa/alien yang tidak mau diusik oleh manusia, sehingga kendaraan apapun yang melewati teritorial tersebut akan terhisap dan diculik. sumber : *******goo.gl/HVsMbg Lihat Juga Ular Raksasa Terbesar Di Dunia - Ular Raksasa Di Sungai Kapuas Di Kalimantan ********www.youtube****/watch?v=ZJxOYq_m7fo Mobil Terbesar Dan Terpanjang Di Dunia - Truk Terbesar Dan Terpanjang Di Dunia ********www.youtube****/watch?v=phWRWdauuTg Ikuti Kami di : Facebook ********www.facebook****/adaperistiwa Google Plus : ********plus.google****/+AdaPeristiwa Twitter : ********twitter****/AdaPeristiwa Pinterest : *******www.pinterest****/adaperistiwa/ Official Blog : *******adaperistiwa.blogspot****/ Klik Tautan Dibawah Ini Lalu Klik Tab Subscribe Untuk Berlangganan Video Terbaru : *******www.youtube****/user/AdaPeristiwa
29 Oct 2014
9707
Share Video

1:30
*******www.SolusiEjakulasi**** *******www.storepasutri**** FOREDI Gel Produk antiseptik pria dewasa yang berfungsi untuk memperpanjang durasi hubungan suami istri atau tahan lama (tetap berkhasiat 5-8 jam, dahsyat!), maksudnya 5-8 jam disini adalah misalkan 30 menit pertama selesai berhubungan, lalu misal 4 jam kemudian dilanjutkan lagi maka tidak perlu di oles lagi! sangat laris! diburu banyak pria! tidak heran jika tiap hari kami mengirim ratusan paket ke seluruh Indonesia! LEGALITAS : Produk terdaftar resmi di Badan Pengawas Obat & Makanan (BPOM). No Register : POM TR 052.642.331 Agar anda tidak salah membeli produk, simak terjemahan "bebas" dari : Ejakulasi Dini & Disfungsi Ereksi, memakai bahasa yang mudah dipahami orang awam. EJAKULASI DINI (ED) : Keluarnya sperma lebih cepat dari yang di inginkan, penderita ejakulasi dini bisa punya masalah ereksi, bisa juga tidak, JIKA tidak punya masalah ereksi, cukup gunakan FOREDI saja. JIKA ereksi juga bermasalah (mudah keluar + organ vital loyo) gunakan FOREDI + GASA DISFUNGSI EREKSI (DE) : Tidak bisa ereksi keras (organ vital lemas/loyo) & seringkali belum terjadi ejakulasi atau bisa ejakulasi tapi ereksi lemah, untuk MASALAH EREKSI solusinya bukan FOREDI melainkan produk GASA, yang juga rekomendasi pakar ternama : Boyke Dian Nugraha. Foredi Gel adalah solusi cara tahan lama bersetubuh Info lengkap Foredi cek di : wwww.Solusiejakulasi**** hub : HP / WA : 081310709586 Pin BB : 7542AD01 Blog Pribadi : *******www.blogyoyok****
4 Feb 2015
13817
Share Video

0:44
Pertama: Ide dan Gagasan Seiring dengan majunya ilmu komunikasi, dan berkembang pesatnya sarana serta media yang beraneka ragam, maka sudah semestinya bagi para pelaku dakwah untuk menggunakan system informasi global yang lebih canggih, lebih cepat, dan lebih berpengaruh, khususnya di era persaingan yang semakin terbuka ini. Semua itu dilakukan demi kepentingan dakwah Islamiyah dan demi menjawab tantangan-tantangan zaman yang akhir-akhir ini banyak dirasakan oleh umat Islam. Maka dari situlah, muncul ide untuk menggunakan sebuah system yang disebut dengan "media baru", yaitu media informasi tercanggih di dunia yang berfungsi sebagai media informasi alternatif. Sebuah media yang mampu melintasi hambatan geografis dan budaya dalam waku yang bersamaan, serta mampu berkomunikasi dengan semua orang dalam ruang lingkup yang besar. Media informasi alternatif ini berperan dalam menghubungkan antara pengirim dan penerima tanpa perantara. Dan dalam prakteknya, perkembangan media ini sangat tergantung pada kadar komunikasi publik. Tujuan: 1. Memberikan kontribusi efektif dalam perkembangan dakwah Islam, serta menfungsikan media informasi demi tercapainya maksud tersebut. 2. Menyebarkan Al-Qur`an serta ilmu-ilmu yang berkaitan dengannya dalam bahasa Indonesia melalui terjemahan sederhana, agar setiap muslim mampu mendalami firman Ilahi, sedangkan bagi non-muslim dapat mengenal keistimewaan dan keagungan Al-Qur`an lebih jauh. 3. Menggunakan teknologi modern dalam mendukung aktifitas dakwah melalui media yang paling berpengaruh demi terciptanya interaksi yang lebih baik di era globalisasi. 4. Demi tercapainya maksud di atas, situs ini berupaya untuk memberikan suguhan yang diambil dari manhaj dan materi-materi Islam murni dan steril, sesuai dengan tuntutan zaman serta didukung pula dengan tampilan yang menarik. Ketiga: Layanan Situs 1. Situs ini menyediakan terjemahan Al-Qur`an berbahasa Indonesia secara visual, resmi, terperinci dan terpercaya. 2. Situs ini juga menyediakan materi-materi dasar ke-Islaman dalam bentuk sederhana dan menarik, seperti Hadits dalam bentuk visual, cuplikan video dakwah, dan lain-lain. 3. Situs ini memungkinkan para pengunjung untuk men-download materi-materi Islam yang bermanfaat, seperti video, kitab, skrip, dan program. 4. Situs ini juga memberi ruang bagi para pengunjung untuk berpartisipasi dalam mendukung aktifitas dakwah dari segala aspek.
10 Nov 2009
7387
Share Video

3:33
china mobile phone Available at- www.yokami**** At a glance: Analog TV Bluetooth 3.2'Big TFT Display Support double GSM cards,dual mode dual standby FM radio Touch screen with full-screen handwriting Video Player Audio Player Video Recorder Camera Technical Specification: Language: English/French/Espanol/Portugal/Bahasa indonesia/Turkey/Russia/Arabic/Persian/V ietnam
11 Feb 2008
6990
Share Video

3:48
Pertama: Ide dan Gagasan Seiring dengan majunya ilmu komunikasi, dan berkembang pesatnya sarana serta media yang beraneka ragam, maka sudah semestinya bagi para pelaku dakwah untuk menggunakan system informasi global yang lebih canggih, lebih cepat, dan lebih berpengaruh, khususnya di era persaingan yang semakin terbuka ini. Semua itu dilakukan demi kepentingan dakwah Islamiyah dan demi menjawab tantangan-tantangan zaman yang akhir-akhir ini banyak dirasakan oleh umat Islam. Maka dari situlah, muncul ide untuk menggunakan sebuah system yang disebut dengan "media baru", yaitu media informasi tercanggih di dunia yang berfungsi sebagai media informasi alternatif. Sebuah media yang mampu melintasi hambatan geografis dan budaya dalam waku yang bersamaan, serta mampu berkomunikasi dengan semua orang dalam ruang lingkup yang besar. Media informasi alternatif ini berperan dalam menghubungkan antara pengirim dan penerima tanpa perantara. Dan dalam prakteknya, perkembangan media ini sangat tergantung pada kadar komunikasi publik. Tujuan: 1. Memberikan kontribusi efektif dalam perkembangan dakwah Islam, serta menfungsikan media informasi demi tercapainya maksud tersebut. 2. Menyebarkan Al-Qur`an serta ilmu-ilmu yang berkaitan dengannya dalam bahasa Indonesia melalui terjemahan sederhana, agar setiap muslim mampu mendalami firman Ilahi, sedangkan bagi non-muslim dapat mengenal keistimewaan dan keagungan Al-Qur`an lebih jauh. 3. Menggunakan teknologi modern dalam mendukung aktifitas dakwah melalui media yang paling berpengaruh demi terciptanya interaksi yang lebih baik di era globalisasi. 4. Demi tercapainya maksud di atas, situs ini berupaya untuk memberikan suguhan yang diambil dari manhaj dan materi-materi Islam murni dan steril, sesuai dengan tuntutan zaman serta didukung pula dengan tampilan yang menarik. Ketiga: Layanan Situs 1. Situs ini menyediakan terjemahan Al-Qur`an berbahasa Indonesia secara visual, resmi, terperinci dan terpercaya. 2. Situs ini juga menyediakan materi-materi dasar ke-Islaman dalam bentuk sederhana dan menarik, seperti Hadits dalam bentuk visual, cuplikan video dakwah, dan lain-lain. 3. Situs ini memungkinkan para pengunjung untuk men-download materi-materi Islam yang bermanfaat, seperti video, kitab, skrip, dan program. 4. Situs ini juga memberi ruang bagi para pengunjung untuk berpartisipasi dalam mendukung aktifitas dakwah dari segala aspek.
14 Nov 2009
6493
Share Video

0:27
NARUTO MANGA 406 (BAHASA MALAYSIA)
10 Oct 2008
6142
Share Video

1:17
BoBoiBoy First HD Trailer. Produced by Animonsta Studios with theme song by Yuri from The Factory Music Studio. An adventure of BoBoiBoy and his friends fighting against Aliens who are invading earth for Coffee. Imagine a future where Aliens have invaded earth in order to harvest the earth's coffee supply. Imagine that the only hope for humanity lies within a little boy named BoBoi who wields an alien technology that transforms him into an amazing super hero. Join BoBoi and his friends as they go on an adventure and battle against ridiculous aliens who have abnormally square shaped heads and a crazy addiction to coffee. Though they are superheroes, they are still kids who always find a way to have fun and play games whilst upholding justice and doing good. Total Episodes : 26 episodes x 11 minutes Medium : Fully 3D Animated Target Audience : Children & Family Genre: Superhero, Adventure, Comedy Language : Bahasa Malaysia (Local) English (International) Production Timeline : January 2010 -- June 2011 Formats : HDTV TV VCD/DVD *******www.animonsta**** *******animonsta.blogspot****
27 Jul 2011
6093
Share Video

2:37
Pertama: Ide dan Gagasan Seiring dengan majunya ilmu komunikasi, dan berkembang pesatnya sarana serta media yang beraneka ragam, maka sudah semestinya bagi para pelaku dakwah untuk menggunakan system informasi global yang lebih canggih, lebih cepat, dan lebih berpengaruh, khususnya di era persaingan yang semakin terbuka ini. Semua itu dilakukan demi kepentingan dakwah Islamiyah dan demi menjawab tantangan-tantangan zaman yang akhir-akhir ini banyak dirasakan oleh umat Islam. Maka dari situlah, muncul ide untuk menggunakan sebuah system yang disebut dengan "media baru", yaitu media informasi tercanggih di dunia yang berfungsi sebagai media informasi alternatif. Sebuah media yang mampu melintasi hambatan geografis dan budaya dalam waku yang bersamaan, serta mampu berkomunikasi dengan semua orang dalam ruang lingkup yang besar. Media informasi alternatif ini berperan dalam menghubungkan antara pengirim dan penerima tanpa perantara. Dan dalam prakteknya, perkembangan media ini sangat tergantung pada kadar komunikasi publik. Tujuan: 1. Memberikan kontribusi efektif dalam perkembangan dakwah Islam, serta menfungsikan media informasi demi tercapainya maksud tersebut. 2. Menyebarkan Al-Qur`an serta ilmu-ilmu yang berkaitan dengannya dalam bahasa Indonesia melalui terjemahan sederhana, agar setiap muslim mampu mendalami firman Ilahi, sedangkan bagi non-muslim dapat mengenal keistimewaan dan keagungan Al-Qur`an lebih jauh. 3. Menggunakan teknologi modern dalam mendukung aktifitas dakwah melalui media yang paling berpengaruh demi terciptanya interaksi yang lebih baik di era globalisasi. 4. Demi tercapainya maksud di atas, situs ini berupaya untuk memberikan suguhan yang diambil dari manhaj dan materi-materi Islam murni dan steril, sesuai dengan tuntutan zaman serta didukung pula dengan tampilan yang menarik. Ketiga: Layanan Situs 1. Situs ini menyediakan terjemahan Al-Qur`an berbahasa Indonesia secara visual, resmi, terperinci dan terpercaya. 2. Situs ini juga menyediakan materi-materi dasar ke-Islaman dalam bentuk sederhana dan menarik, seperti Hadits dalam bentuk visual, cuplikan video dakwah, dan lain-lain. 3. Situs ini memungkinkan para pengunjung untuk men-download materi-materi Islam yang bermanfaat, seperti video, kitab, skrip, dan program. 4. Situs ini juga memberi ruang bagi para pengunjung untuk berpartisipasi dalam mendukung aktifitas dakwah dari segala aspek.
14 Nov 2009
5416
Share Video

7:00
DI MANA ALLAH? Terdapat golongan masyarakat yang menyerupakan zat, nama-nama dan sifat-sifat Allah dengan makhlukNy. Mereka menyamakan keberadaan Allah dengan makhlukNya sehingga meyakini Allah berada “di mana-mana” yang meliputi semua benda. Begitulah pengakuan golongan yang sesat ini apabila ditanyakan "Di mana Allah?". Menjawab pertanyaan di mana Allah wajib melalui al-Quran, as-Sunnah dan fatwa para ulama Ahli Sunnah yang bermanhaj Salaf terutama para Salaf yang hidup di zaman wahyu dan dikurun mufadhalah (مُفَضَّلَةٌ). Kerana mereka (para Salaf) mengetahui bila, di mana dan mengapa wahyu turun. Mereka dididik oleh Nabi dengan al-Quran dan mengambil agama sebagai petunjuk secara langsung dari baginda. Mereka para insan yang paling mulia. Mereka berilmu tentang agama, tiada syubahat terutama dalam memahami zat, nama dan sifat Allah. Akidah mereka diakui oleh Rasulullah خَيْرُ النَّاسِ قَرْنِيْ ثُمَّ الَّذِيْنَ يَلُوْنَهُمْ ثُمَّ الَّذِيْنَ يَلُوْنَهُمْ. "Sebaik-baik manusia yang di kurunku, kemudian yang sesudahnya (Tabi'in), kemudian yang sesudah mereka (tabi'ut at-tabi'in)". Adapun golongan yang sesat, mereka memutar-belitkan hujjah tentang "Di mana Allah?" melalui ayat-ayat al-Quran yang ditafsirkan melalui hawa nafsu atau akal fikiran semata yang menyalahi penafsiran Ahli Sunnah wal-Jamaah. Antara ayat-ayat yang dimaksudkan ialah: Ayat Pertama: مِنْ نَّجْوَىثَلاَثَةٍاِلاَّ هُوَ رَابِعُهُمْ وَلاَ خَمْسَةٍ اِلاَّ هُوَ سَادِسُهُمْ وَلاَ اَدْنَى مِنْ ذَلِكَ وَلاَ اَكْثَرَ اِلاَّ هُوَ مَعَهُمْ اَيْنَ مَاكَانُوْا ثُمَّ يُنَبِّئُكُمْ بِمَا عَمِلُوْا يَوْمَ الْقِيَامَةِ اِنَّ اللهَ بِكُلِّ شَيْءٍ عَلِيْمٌ. “Tidakkah kamu perhatikan sesungguhnya Allah mengetahui apa yang di langit dan yang ada di bumi. Tiada perkataan rahsia antara tiga orang, melainkan Dialah yang keempat. Dan tiada (perkataan antara) lima orang melainkan Dialah yang keenam. Dan tiada (pula) perkataan antara (jumlah) yang kurang dari itu atau yang lebih banyak melainkan Dia ada bersama mereka di manapun mereka berada. Kemudian Dia akan memberitakan kepada mereka pada Hari Kiamat apa yang telah mereka kerjakan. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui segala sesuatu". Al-Mujadalah, 58:7 Penjelasan Ayat Pertama: Ayat ini dari awal sehinggalah ke akhir ayat, ia dimulakan dengan memperkatakan pengetahuan Allah atau ilmuNya iaitu: "Tidakkah kamu perhatikan sesungguhnya Allah Mengetahui apa yang ada di langit dan yang ada di bumi". Ayat ini sebenarnya memperkatakan ilmu Allah: “Allah Maha Mengetahui” apa yang di langit dan di bumi. Dia Mengetahui bisikan dua orang yang berbisik-bisik atau yang lebih dari dua orang dan bukan memperkatakan Allah di mana-mana. Ayat ini diakhiri dengan kalimah ilmu: "Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui segala sesuatu". Ini membuktikan Allah bersama kita ilmuNya bukan zatNya. Imam Ahmad telah menerangkan tentang maksud ayat ini: اِفْتَتَحَ اْلاَيَة بِالعِلْمِ وَاخْتَتَمَهَا بِالْعِلْمِ. "Dimulakan ayat ini dengan memperkatakan ilmu dan diakhiri juga dengan memperkatakan ilmu". Menurut Imam Ahmad, dimaksudkan Allah bersama hambaNya ialah yang bersama "ilmuNya bukan zatNya”, jawapan ini bukan bid'ah kerana Imam Ahamd sentiasa menentang bid’ah. Inilah penafsiran para ulama Salaf. Ibn Jarir dari Ad-Dahak menjelaskan: "Dia di atas 'ArasyNya dan yang bersama dengan mereka ialah ilmuNya. Bahawasanya Dia menyaksikan mereka dengan ilmuNya dan Dia di atas 'ArasyNya". Imam Ibn Kathir rahimahullah menjelaskan: وَلِهَذَا حَكَى غَيْرُ وَاحِدِ اْلاِجْمَاعِ عَلَى اَنَّ الْمُرَادَ بِهَذِهِ اْلاَيَةِ مَعِيَّةُ عِلْمهُ تَعَالَى. "Oleh kerana yang demikian, telah menceritakan bukan seorang malah secara ijmak atas kesepakatan mereka bahawa yang dimaksudkan oleh ayat ini ialah Allah bersama seseorang ilmuNya". Imam Ibn Kathir rahimahullah menjelaskan lagi: لاَ يَغِيْبُ عَنْهُ مِنْ اُمُوْرِهِمْ شَـيْء ثُمَّ قَالَ تَعَالَى {ثُمَّ يُنَبِّئُهُمْ بِمَا عَمِلُوْا يَوْمَ الْقِيَامَةِ اِنَّ اللهَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ عَلِيْمٍ}. "Tidak tersembunyi dari pengetahuanNya segala apapun perkara (urusan) mereka, oleh kerana itu Allah berfirman: Kemudian Dia akan memberitahukan kepada mereka pada Hari Kiamat apa yang mereka kerjakan. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui segala sesuatu". Ayat Kedua: Ada golongan yang menjadikan ayat di bawah ini sebagai hujjah untuk membuktikan Allah berada di mana-mana (tidak bertempat). Firman Allah: وَهُوَ مَعَكُمْ اَيْنَمَا كُنْتُمْ. "Dia bersama kamu di mana sahaja kamu berada". Al-Hadid, 57:4. Penjelasan Ayat Kedua: Penafsiran yang sahih: "Dia bersama kamu” bukanlah bersama dengan makhluk zat atau tempat sebagaimana pendapat sufi yang berakidah wahdatul wujud (وحدة الوجود). Menurut ulama Alhi Sunnah wal-Jamaah: “Allah bersama dengan mereka kudrat, pendengaran, pentadbiran, kerajaan atau dengan makna kerububiyahanNya, sedangkan Dia di atas Arasy dan di atas segala makhluk-makhlukNya”. Sufiyan At-Thauri menafsirkan melalui hadith riwayat Imam Bukhari: بِاَنَّ ذَلِكَ عِلْمُهُ كَمَا رُوِيَ ذَلِكَ عَنْهُ الْبُخَارِي. "Sesungguhnya diayat tersebut ialah yang bersama kita IlmuNya sebagaimana diriwayatkan (tentang ayat tersebut) dari Bukhari". وَقَالَ الذَّهَبِى : رُوِيَ غَيْرُ وَاحِدٍ عَنْ معْدَانٍ قَالَ : سَاَلْتُ سُفْيَانَ الثَّوْرِى عَنْ قَوْلِهِ تَعَالَى : (وَهُوَ مَعَكُمْ اَيْنَمَا كُنْتُمْ) قَالَ : بِعِلْمِهِ. "Berkata az-Zahabi: Telah diriwayatkan bukan sahaja hanya dari seorang, dari Ma'dan berkata: Aku telah bertanya kepada Sufiyan at-Thauri tentang firman Allah (Dan Dia bersama kamu di mana sahaja kamu berada) beliau berkata: (Yang bersama ialah) IlmuNya". Ibn Jarir menafsirkan: "Dia melihat kamu wahai manusia di mana sahaja kamu berada, Dia mengetahui tentang kamu dan mengetahui segala amal kamu, Dia di atas 'ArasyNya dan 'ArasyNya di atas langit ke tujuh". Berkata Abu Al-Qasim Al-Asfahani: "Jika mereka mempersoalkan kamu tentang pentakwilan ayat (Dia bersama kamu di mana kamu berada) dan kamu menafsirkan IlmuNya? Kami katakan: Sesungguhnya ayat tersebut menunjukkan bahawa yang dimaksudkan yang bersama ialah ilmuNya kerana Dia berfirman di akhir ayat tersebut (Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui di atas segala sesuatu)". Berkata Ibn Kathir: "Dia mengawasi kamu, memerhatikan perbuatan kamu di mana sahaja kamu berada sama ada di daratan, di lautan, dimalam hari, disiangnya, di dalam rumah-rumah kamu atau di luar rumah. Segala-galanya dalam pengetahuanNya (ilmuNya) tanpa terkecuali. Segala-galanya di bawah penglihatanNya, pendengaranNya, Dia mendengar percakapan kamu, melihat kedudukan kamu, mengetahui semua rahsia-rahsia dan bisikan kamu kerana Dia telah berfirman: اَلاَ اِنَّهُمْ يَثْنُوْنَ صُدُوْرَهُمْ لِيَسْتَخْفُوْا مِنْهُ اَلاَ حِيْنَ يَسْتَغْشُوْنَ ثِيَابَهُمْ يَعْلَمُ مَا يُسِرُّوْنَ وَمَا يُعْلِنُوْنَ اِنَّهُ عَلِيْمٌ بِذَاتِ الصُّدُوْرِ. "Ingatlah! Sesungguhnya (orang munafik itu) memalingkan dada mereka untuk menyembunyikan diri daripadanya (Muhammad). Ingatlah! Di waktu mereka menyelimuti dirinya dengan kain, Allah mengetahui apa yang mereka sembunyikan dan apa yang mereka lahirkan, sesungguhnya Allah Maha Mengetahui segala isi hati". سَوَاءٌ مِّنْكُمْ مَّنْ اَسَرَّالْقَوْلَ وَمَنْ جَهَرَبِهِ وَمَنْ هُوَمُسْتَخْفِ بِالَّيْلِ وَسَارِبُ بِالنَّهَارِ. "Sama sahaja siapa antaramu yang merahsiakan ucapannya dan yang berterus-terang dengan ucapannya itu, siapa yang bersembunyi dimalam hari dan yang berjalan (menampakkan diri) disiang hari". Ibn Kathir menjelaskan: "Tiada Ilah selain Dia, tiada Tuhan Pencipta selain Dia, telah thabit (jelas) di dalam hadith sahih bahawa Rasulullah bersabda kepada Jibril semasa ditanya tentang ihsan, baginda bersabda: Hendaklah kamu menyembahNya seolah-olah kamu melihatNya dan jika kamu tidak melihatNya sesungguhnya Dia melihat kamu". (Bersama dan melihat tidaklah serupa kerana tidak semestinya melihat itu bersama pada zatNya). Berkata Abu Hayyan Al-Andelusi, At-Thauri dan Al-Qurtubi: وَهُوَ مَعَكُمْ اَيْ بِالْعِلْمِ وَالقَدْرِ "Dia bersama kamu, yang bersama ilmuNya dan kudrahNya". "Allah Maha Mengetahui" segala yang dilakukan makhlukNya dan yang tersemat di hatinya. Ilmu dan kudrat Allah bersamanya, ilmu Allah amat luas menguasai segala ciptaanNya. Berkata al-Alusi: وَاْلاَيَةُ تَمْثِيْلٌ لإِحَاطَةِ عِلْمُ اللهِ بِهِمْ وَتَصْوِيْرٌلِعَدَمِ خُرُوْجِهِمْ عَنْهُ اَيْنَمَا كَانُوْا. “Semua ayat (yang memperkatakan di mana Allah) pembuktian ilmu Allah meliputi mereka dan menggambarkan bahawa tidak terlepasnya mereka dari ilmu Allah walaupun di mana mereka berada". قَالَ الْقَاسِمِيْ: وَقَدْبَسَطَ اْلإِمَامُ اَحْمَدُالْكَلاَمَ عَلَى الْمَعِيَّةِ فِىالرَّدِّ عَلَى الْجَهْمِيَّةِ وَلَفْظُ الْمَعِيَّةِ فِىكِتَابِ اللهِ جَاءَ عَامًاكَمَافِىهَاتَيْنِ اْلآيَتَيْنِ اَلْحَدَيْدِوَالْمُجَادَلَةِ وَجَاءَ خَاصًافِى قَوْلِهِ تَعَالَى: اِنَّ اللهَ مَعَ الَّذِيْنَ اتَّقُوْاوَالَّذِيْنَ هُمْ مُحْسِنُوْنَ وَقَوْلُهِ: اِنَّنِيْ مَعَكُمَااَسْمَعُ وَاَرَىوَقَوْلِهِ: لاَتَحْزَنْ اِنَّ اللهَ مَعَنَا. فَلَوْكَانَ الْمُرَادُ بِذَاتِهِ مَعَ كُلِّ شَيْءٍ لَكَانَ التَّعْمِيْمِ يُنَاقِضُ التَّخْصِيْص فَاِنَّهُ قَدْ عَلِمَ اَنَّ قَوْلَهُ : (لاَ تَحْزَنْ اِنَّ اللهَ مَعَنَا) اَرَادَ بِهِ تَخْصِيْصهُ وَاَبَا بَكْرٍدُوْنَ عَدُوِّهِمْ مِنَ الْكُفَارِ. "Berkata Al-Qasimi: Imam Ahmad membantah Jahmiyah tentang (مُعِيَّة) “Allah di mana-mana (bersama makhluk)”. Beliau berkata: Lafaz ma'iyah (مَعِيَّةٌ) di dalam kitab Allah didatangkan secara am sebagaimana di dua potong ayat al-Hadid dan al-Mujadalah. Ada kalanya didatangkan secara khas sebagaimana firmanNya: (Sesungguhnya Allah bersama orang-orang yang bertakwa dan mereka yang berbuat kebaikan). FirmanNya: (Sesungguhnya Aku bersama kamu berdua, mendengar dan melihat). FirmanNya: (Janganlah berdukacita sesungguhnya Allah bersama kita). Sekiranya dimaksudkan di ayat ini zatnya bersama setiap sesuatu, tentulah jika dimaksudkan secara umum (bersama makhlukNya) bertentangan dengan yang khusus. Telah diketahui firmanNya (Janganlah berdukacita sesungguhnya Allah bersama kita) jika dikehendaki (oleh Jahmiyyah) secara umum (Allah berserta makhlukNya tentulah di samping) bersama Rasulullah juga bersama musuh Rasulullah sedangkan Abu Bakar tidak terhitung kalangan kuffar (musuh). Begitu juga firmanNya (Sesungguhnya Allah berserta orang-orang yang bertakwa dan mereka yang berbuat baik) ayat ini khusus tidak termasuk orang yang zalim dan pelaku maksiat". قَالَ اْلإِمَامُ اَحْمَدُ: فَلَفْظُ الْمَعِيَّةِ لَيْسَتْ فِى لُغَةِ الْعَرَبِ وَلاَشَيْء مِنَ الْقُرْآنِ اَنْ يُرَادَ بِهَا اِخْطِلاَط اِحْدَى الذَّاتَيْنِ بِاْلاُخْرَى كَمَافِى قَوْلِهِ تَعَالَى: (مُحَمَّدٌ رَسُوْلُ اللهِ وَالَّذِيْنَ مَعَهُ) وَفِىقَوْلِهِ : (فَاُوْلَئِكَ مَعَ الْمُؤْمِنِيْنَ) وَقَوْلِهِ (اِتَّقُوْا اللهَ وَكُوْنُوْا مَعَ الصَّادِقِيْنَ) وَفِى قَوْلِهِ : (وَجَاهِدُوْا مَعَكُمْ) وَمِثْلُ هَذَا كَثِيْرٌ فَامْتَنَعَ اَنْ يَكُوْنَ قَوْلُهُ (وَهُوَ مَعَكُمْ) يَدُلُّ عَلَى اَنَّ ذَاتَهُ مُخْتَلِطَةٌ بِذَوَاتِ الْخَلْقِ. "Maka lafaz (مَعِيَّةٌ) dalam Bahasa Arab dan di dalam al-Quran tidak pernah diertikan: "Bersatunya dua zat antara satu dengan yang lain. Contohnya firman Allah: }Muhammad itu utusan Allah dan orang-orang yang bersamanya{. FirmanNya: }Mereka bersama orang-orang yang beriman{. FirmanNya: }Bertakwalah kamu sekalian kepada Allah dan bersamalah orang-orang yang siddiqin{. Ayat seperti dicontohkan ini amat banyak. Ayat ini dapat menghalang dari memaksudkan firman Allah (Dia bersama kamu) menunjukkan ZatNya meliputi sekalian zat-zat makhlukNya". Berkata Al-Qasimi: "Telah menjadi kebiasaan lafaz (مَعِيَّةٌ) "bersama" dalam bahasa (Arab) sekalipun menunjukkan berkumpul, berserta dan bersama, jika dilibatkan dengan hamba ia menunjukkan ketinggian 'ArasyNya. Maka ma'iyah dalam segala tempat mengikut perkiraanNya, berserta semua makhluk IlmuNya, KudratNya serta KekuasaanNya dan dikhususkan sebahagian mereka dengan pertolongan, kemenangan dan bantuanNya". Berkata Syamsuddin az-Zahabi ulama besar mazhab Syafie: “Sesiapa mengingkari bahawa Allah ‘Azza wa-Jalla di langit, maka dia seorang yang kafir”. (Lihat: مختصرالعلو للعلي الغفار al-Hafiz Syamsuddin az-Zahabi. hlm 137). Nas-nas di atas menunjukkan ilmu Allah bersama sesiapa sahaja, bukan zatNya kerana Allah bersemayam di atas ‘ArasyNya yang berada di langit.
12 Apr 2009
4876
Share Video